31/05/08

TEHNIK VOKAL

Lalu bagaimana agar kualitas suara anda maksimal? Nah, di bawah ini adalah tips untuk mendapatkan kualitas dan ekspresi suara yang oke:
- Mengatur nafas
Lakukan pengaturan nafas dengan beberapa latihan. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara: Biasakan menarik dan mengeluarkan nafas dari diafragma. Kemudian tarik nafas lewat hidung, lalu tahan sampai 10 detik. Atau bisa juga anda tarik nafas lewat hidung kemudian keluarkan lewat mulut sambil bersuara atau berkata-kata. Alternatif latihan lainnya adalah dengan menarik nafas lewat hidung kemudian keluarkan lewat mulut sambil berteriak. Jika anda melakukan latihan ini secara teratur, minimal seminggu sekali, suara anda akan lebih jernih dan nafaspun akan lebih panjang.
- Artikulasi
Perhatikan pengucapan kata-kata dan artikulasi ucapan, baik yang berasal dari Bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Berlatihlah untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas dan benar. Pengucapan kata-kata yang jelas sangat penting untuk menghindari kesalahpamahan. Latihan ini dilakukan dengan pengucapan vokal dengan baik, misalnya A, I, U, E, O.
- Variasi suara
Suara dengan nada yang terlalu datar dan monoton akan sangat menjemukan bagi pendengarnya. Agar suara anda tidak menjemukan maka anda perlu menggunakan variasi suara. Variasi suara tersebut antara lain dengan melakukan perubahan volume, perubahan nada, perubahan kecepatan berbicara dan menggunakan jeda suara.
- Minum air putih
Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Setiap kali bangun tidur, usahakan agar anda meneguk air putih terlebih dahulu sebanyak satu gelas, sebelum meminum air jenis lainnya. Air putih diyakini selain dapat menyehatkan tubuh, juga memperindah suara anda. Antara lain, suara anda akan lebih jernih dan jelas.
- Hindari makanan berlemak
Hindari makanan yang banyak mengandung minyak atau lemak seperti goreng-gorengan. Makanan jenis ini akan membuat kualitas suara anda buruk dan serak. Bahkan mungkin anda akan menderita batuk yang sangat mengganggu. Caba anda bayangkan, bagaimana seandainya anda harus berbicara di telephone sementara tenggorokan anda gatal? sangat menyiksa bukan? Lebih baik perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung air. Selain kebutuhan gizi tubuh anda terpenuhi, mengkonsumsi buah dapat akan meningkatkan kualitas suara anda.

Nggak susah kan mengupayakan agar suara anda oke? Toh kualitas suara yang bagus bukan hanya berguna untuk berbicara di telepon, tapi juga diperlukan dalam komunikasi sehari-hari. Apalagi kalau anda mau berbicara dalam rapat, presentasi, seminar, dan lain-lain. Nah bagi anda yang mau memiliki kualitas dan ekspresi suara yang oke, buruan deh ikuti tips tadi.

SENI ADALAH : Ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsur-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.
TEKNIK VOCAL adalah : Cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.
UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :
1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
2. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
1. Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
2. Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
3. Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
4. Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
5. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
6. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran yang baik
Kontrol pernafasan
Rasa musical.
NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
1. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
2. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
3. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
4. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
1. Suara Wanita Dewasa ;
Sopran (suara tinggi wanita)
Messo Sopran (suara sedang wanita)
Alto (suara rendah wanita)
1. Suara Pria Dewasa :
Tenor (suara tinggi pria)
Bariton (suara sedang pria)
Bas (suara rendah pria)
1. Suara Anak-anak :
Tinggi
Rendah.
TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.
Tangga Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor :
1. Bersifat riang gembira
2. Bersemangat
3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
4. Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½
Ciri-ciri Tangga nada Diatonis Minor :
1. Kurang bersemangat.
2. Bersifat sedih
3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
4. Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .
Catatan : Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut yang banyak berkembang di Indonesia.
Contoh Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, Mars Pelajar.
Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga.
TANGGA NADA KROMATIS adalah tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ . Contoh : C – Cis – D – Dis- E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B
TANGGA NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada yang mempunyai nama dan letak yang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang sama.
Contoh : Nada Ais-Bes, Cis-Des, Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges.
APRESIASI yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi penglihatan, pengamatan, penilaian, dan penghargaan terhadap suatu karya seni.
BIRAMA adalah ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu. Contoh birama :
2/4 , 3/4 , 4/4 , 6/8
TANDA DINAMIK adalah tanda utuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :
1. f : forte = keras
2. ff : fortissimo = sangat keras
3. fff : fortissimo assai = sekeras mungkin
4. mf : mezzo forte = setemgah keras
5. fp : forte piano = mulai dengan keras dan diikuti lembut
6. p : piano = lembut
7. pp : pianissimo = sangat lembut
8. ppp : pianissimo possibile = selembut mungkin
9. mp : mezzo piano = setengah lembut
PERUBAHAN TANDA DINAMIKA :
- Diminuendo (dim) : melembut
- Perdendosi : melembut sampai hilang
- Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
- Calando : mengurangi keras
- Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
- Cresscendo : berangsur-angsur keras
- Decrsescendo : berangsur-angsur lembut
TANDA TEMPO adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan.
A.TANDA TEMPO CEPAT :
1. Allegro : cepat
2. Allegratto : agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto : cepat sekali
5. Presstissimo : secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang
B. TANDA TEMPO SEDANG :
1. Moderato : sedang
2. Allegro moderato : cepatnya sedang
3. Andante : perlahan-lahan
4. Andantino : kurang cepat
C. TANDA TEMPO LAMBAT :
1. Largo : lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto : agak lambat
4. Adagio : sangat lambat penuh perasaan
5. Grave : sangat lambat sedih
6. Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.
PERMATA / CORONA adalah tanda untuk menambah hitungan menurut selera.


laihan vocal yg baik adalah cukup pemanasan dan latihan pernafasan.. agak susah menjelaskan dg kata2 lbh gampang dpraktekan.. sdkt saran kl ada latian paduan suara cobalah melihat mereka pemanasan biasanya mereka bermain nada do re mi fa sol la si do.. dg oktaf2 yg dinaikan dan diturunkan..
nah setelah pemanasan baru qta mulai mempelajari sebuah lagu.. ;)
________________________________________
kayaknya sih coba dulu aja do re mi fa sol la si do pake do=bes
terus do mi sol do sol mi do tapi pake vokal ma atau la atau apa deh
terus dinaikkin setengah2 atau satu2....
terus pake : a-a-u-ngo-o-o-a (masih pake not do-mi-sol-do-sol-mi-do)
ada lagi yg pake : lapedamenipotulapedamenipotulapeda..... (notnya : doremifasolfamiredo) juga dinaikkin setengah2 ato satu2 gitu....
heheheheh...
kayaknya sih....
aku juga bukan master vokal sih...
cuma suka nyanyi aja....
sukses bro!
________________________________________
untuk memulai latihan vokal yang baik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

1. Relax.
Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.
Misal:
ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.
Bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.
Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (Kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak.
Itu sangat membantu proses relaksasi.

2. Latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Ingat, rahang harus relaks.
A I U E O
latihan diafraghma:
huruf K-Ch-K-ch-sssst-th. dengan tempo cepat.
ho-ho-ho...ha-ha-ha
Lalu latihan wilayah nasal (hidung):
"nya-nya-nya" dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidup.
Lalu latihan bibir
nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal
"brrrrr-brrrr-brrr-brrr"
nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.
Latihan lidah
"La-la-la. ra ra ra, tatata."
(biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada, arpeggio.)

3. Setelah sudah relaks, kamu baru boleh nyanyi.
Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik.
Hehehe.. itu aja sih kayaknya.. sebenernya sih itu sering kupakai kalau latian paduan suara atau nyanyi lagu2 klasik. Tapi kurasa itu berlaku untuk semua tipe musik.
Hmm.. dan jaga pita suara. Ketika pemanasan atau latihan harus banyak minum. Pita suara kita cuma 8 mm lho.. jadi kaau rusak ya nggak bisa diganti. hehehe.

________________________________________
Lalu latihan wilayah nasal (hidung):
"nya-nya-nya" dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidung.

hmm... yang jelas, rokok itu membuat pita suara kita kering.. dan melebar, jadinya suara akan menjadi lebih rendah. Pengaruhnya mungkin bukan ke masalah kualitas suara, tapi lebih ke kesehatan.. (saya gak berani klaim bahwa perokok punya kualitas suara yang buruk, dan sebaliknya)... mungkin bisa baca thread mengenai vokalis merokok di posting2an sebelumnya.. :)

ada orang2 yang pita suaranya sensitif dengan rokok dan ada yang lebih bisa tahan.. but secara kesehatan, mesti hati2 juga, karena rokok juga bisa bikin radang.. :)


Meningkatkan Range Vokal (Bag. 2)
Hamming
Selain Solfegio, salah satu bentuk latihan yang sangat membantu untuk meningkatkan range vokal adalah melalui latihan Hamming. Latihan ini menekankan pada pembiasaan untuk menggunakan teknik vokal kepala.
Caranya, tentukan salah satu lagu favoritmu, pilih lagu yang berjarak nada tinggi atau yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, nyanyikan……… tapi tidak menggunakan lirik sebagaimana biasanya….. melainkan ganti liriknya menggunakan huruf / bunyi “N” atau “M”. Jadi, seperti sedang bersenandung. Bernyanyi …….. nnnnnnnnn…. Atau….. mmmmm.
Nah, pada saat nada tinggi, coba pake vokal kepala (head voice), hal ini bisa membantu meningkatkan jangkauan nada. Selamat berlatih….

Vokalisi
Seorang atlet harus melakukan pemanasan (warming up) terlebih dulu sebelum mulai berolah raga, agar terhindar dari cedera atau keseleo urat. Demikian juga dengan seorang vokalis. Untuk menjaga performa saat bernyanyi di panggung atau memelihara kualitas vokal, seorang penyanyi harus melakukan pemanasan yang sering disebut dengan vokalisi (vocalizing).
Vokalisi cukup beragam, yang termudah dan tersimpel adalah dengan melafalkan huruf-huruf vocal a i u e o, baik dengan nada maupun tanpa nada. Vokalisi sederhana ini cukup efektif untuk melenturkan bibir, rahang, dan rongga mulut. Selain mudah, vokalisi a i u e o ini juga bisa dilakukan dengan hanya hitungan detik atau menit.
Setelah itu, vokalisi dapat ditingkatkan dengan meniti tangga nada dari terendah atau sedang ke nada tinggi. Bisa dengan lagu atau melalui solmisasi atau solfegio. Alangkah baiknya jika latihan vokalisi ini tidak hanya dilakukan pada saat hendak tampil di panggung saja, tapi dilakukan secara rutin.

Melatih Pernafasan
Nafas yang prima sangat penting artinya bagi seorang penyanyi. Penguasaan teknik pernafasan mutlak harus dimiliki, jika si penyanyi ingin sukses di dunianya. Namun, bagaimana caranya memiliki nafas yang prima?
Nafas, biasanya menjadi kendala jika tidak dijaga dan dilatih. Berikut ini penulis mencoba berbagi salah satu tips untuk menjaga dan memanjangkan pernafasan melalui sebuah latihan sederhana.
Sebelum berlatih, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu teknik pernafasan dalam olah vocal yang efektif adalah teknik pernafasan perut. Bukan pernafasan dada.
Cara gampang untuk membedakan Nafas Perut dan Nafas Dada adalah: dalam nafas perut, ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan dalam nafas dada, ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Gampang kan?
Oke kita mulai berlatih:
Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
1. Tarik nafas (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10 (detik), perut full mengembung.
2. Hitungan 10 detik berikutnya, tahan nafas. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Boleh dicek dengan menepuk-nepuk perut yang mengeras.
3. Hitungan 10 detik berikutnya, keluarkan nafas pelan-pelan melalui mulut. Atur pengeluaran nafas se-efisien mungkin sampai hitungan ke-10 (detik). Agar pengeluaran nafas bisa sehemat mungkin, mulut dibuka sedikit saja sambil membunyikan ”ceessssss”
4. Berikutnya, ulangi latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25, dst. hingga batas waktu terlama.
5. Jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat…coba diulang beberapa kali.

Meningkatkan Range Vokal (Bag. 1)
Solfegio
Range vokal setiap orang berbeda-beda. Standar normal umumnya orang memiliki dua oktav. Semakin panjang rang vokal seseorang, semakin memungkinkan dia untuk membawakan berbagai jenis lagu dengan baik. Dengan catatan, dia memiliki kemampuan/teknik vokal yang baik pula tentunya.
Seseorang yang bertipikal vokal bass, bariton, alto, dan mezo sopran, biasanya memiliki rang vokal yang pendek. Lain halnya seseorang yang bertipikal vokal tenor atau sopran, biasanya ia memiliki range vokal panjang. Namun, terkadang ada juga, meski ia bertipikal bass, tapi memiliki range vokal panjang. Sebaliknya, orang yang bertipikal tenor tapi range-nya pendek.
Pemahaman terhadap tipikal vokal sangat penting. Terutama untuk menentukan nada dasar ketika hendak bernyanyi. Bagi Anda yang bertipikal vokal rendah, jangan khawatir kehilangan kesempatan bernyanyi. Tak masalah. Anda bisa menyesuaikan nada dasar di mana Anda mulai bernyanyi yang sesuai dengan jenis suara Anda. Misalnya dengan menurunkan nada dasar dari penyanyi aslinya. Ilmu vokal bukanlah ilmu eksak.
Pada dasarnya range vokal seseorang bisa ditingkatkan. Ada beberapa jenis latihan yang dapat membantu meningkatkan range vokal. Salah satu di antaranya adalah dengan teknik ”vokal kepala” atau ”suara langit-langit”.
Output vokal seseorang secara natural terbagi dua, yakni vokal kepala dan vokal dada. Vokal kepala adalah vokal yang dihasilkan dari langit-langit atas rongga mulut. Sementara vokal dada adalah vokal yang dihasilkan dari rongga dada.
Untuk menemukan vokal kepala. Mulailah dengan latihan berikut:
Tentukan nada terendah yang mampu Anda bawakan dengan baik, nyanyikan solmisasi (do re mi fa sol la si do) dari suara terendah tersebut hingga nada tertinggi yang Anda kuasai. Pada saat vokal Anda tidak mampu mengeluarkan nada tertinggi dengan baik atau sampai Anda membutuhkan untuk mengubah nada Anda ke dalam vokal kepala.
Mulailah lakukan dengan menggunakan vokal kepala. Caranya ”lemparkan” suara di dalam rongga mulut Anda ke atas langit-langit. Rasakan suara Anda menjadi lebih ringan dan jaga agar tetap bright (jelas). Pada tahap awal, jika Anda menggunakan vokal kepala dengan baik akan terasa dahi atau kepala Anda bergetar. Untuk tahap awal biasanya akan terasa sedikit pusing.

Mengapa Muncul Nada Fals
Seorang penyanyi harus mampu melakukan kontrol nada (pitch control) ketika bernyanyi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga konsistensi vokal, sehingga terhidar dari nada fals (atonal). Munculnya nada fals akan sangat menggangu kenikmatan pendengar. Akibatnya, cemoohanlah yang akan mendera si penyanyi. Bahkan, lebih parah lagi, ia akan kehilangan kredibilitas!
Ada beberapa faktor penyebab munculnya nada fals:
♪ Talenta Musik
Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Ada orang yang memiliki talenta musik yang baik, ada pula yang tidak memilikinya. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki kecenderungan musik (musikalitas) yang baik, akan cukup sulit untuk menjaga dan mengontrol nada. Diperlukan kerja keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Memang ada beberapa tips latihan vokal yang bisa mengatasinya, namun memerlukan waktu relatif lama.
Lain halnya dengan seseorang yang telah memiliki talenta musik (sekecil apapun itu). Melalui latihan intensif, ia akan lebih mudah menguasai dan mengontrol nada, hingga ia bisa bernyanyi mulus, tanpa fals sedikitpun.
♪ Range Vokal Penyanyi
Range Vokal adalah jarak antar nada dari satu interval ke interval lainnya. Dimana satu interval terdiri dari nada: do re mi fa sol la si. Sementara tata nada sebelum dan sesudahnya adalah interval lain.
Manusia pada umumnya, paling tidak memiliki 2 interval nada. Namun ada juga yang memiliki 6 interval, bahkan 8 interval nada. Vokalis Steel Hearth, Mariah Carey, Whitney Houston adalah beberapa penyanyi dengan range vokal sangat panjang.
Nah, apa hubungannya dengan Fals?
Penyanyi dengan range vokal pendek, dia akan kesulitan menjangkau nada-nada yang terlampau tinggi atau rendah. Saat itulah yang paling rawan bagi mereka.
♪ Penguasaan Teknik Vokal
Bagi para penyanyi dengan range vokal pendek, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghindari ranjau-ranjau fals. Diantaranya adalah dengan menggunakan teknik falseto dan cop stemp. Kedua cara ini hampir sama, yakni dengan menggunakan nada ’palsu’ ketika menemui nada-nada tinggi. Perbedaanya adalah output power cop stemp lebih kuat dibandingkan dengan teknik falseto. Sehingga, dengan cop stemp, seolah-olah ia mengeluarkan nada ’asli’ atau normal.
Nah, jika kedua teknik ini tidak dikuasai, maka nada fals akan relatif banyak ditemukan.
♪ Tingkat Kesulitan Lagu
Tingkat kesulitan lagu berbeda-beda. Mulai dari yang hanya memiliki dua atau tiga chord saja. Hingga lagu yang memiliki puluhan chord dalam musik pengiringnya. Untuk lagu yang relatif mudah, tentunya tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ekstra untuk mengontrol nada. Tetapi, ketika menyanyikan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi, seringkali diperlukan beberapa kali latihan penguasaan untuk mendapatkan kualitas vokal yang mulus dari lagu tersebut. Hal ini tidak hanya dialami oleh para penyanyi pemula, tetapi juga oleh para penyanyi kaliber profesional sekali pun. Terutama dalam take vokal untuk rekaman di studio. Seorang penyanyi profesional bisa berkali-kali mengulang baris lagu yang sulit, untuk mencapai tone yang sempurna.
♪ Perangkat Audio Pendukung
Selain faktor internal penyanyi, faktor eksternal juga turut menentukan munculnya nada fals. Misalnya dalam sebuah pertunjukan di dalam gedung yang tidak disertai dengan setting akustik ruangan yang memadai, kemudian kualitas sound system seadanya, dengan tanpa disertai monitor vokal yang baik, niscaya si penyanyi akan sangat kesulitan untuk mengontrol nada.
Sehebat apapun kemampuan vokal si penyanyi, jika menghadapai kondisi seperti itu akan sangat sangat keteteran. Gedung tanpa penataan akustik yang baik, akan menimbulkan gaung yang sangat mengganggu stabilitas tempo. Akibatnya sangat fatal, konsentrasi penyanyi terganggu, harmonisasi musik dan lagu semakin kacau, karena si penyanyi akan menggunakan acuan tempo musik hasil pantulan (gaung), sementara si pendengar/penonton mendengarkan tempo yang asli.



Mengatasi Nada Fals
Bag 1
Ketika bernyanyi live seorang penyanyi terkadang ’terpeleset’ ke dalam nada-nada fals. Hal ini cukup wajar terjadi, karena biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor kendala, sebagaimana telah dibahas pada tulisan saya sebelumnya. Akan tetapi, akan sangat tidak wajar jika penyanyi tersebut selalu fals dalam setiap penampilannya. Tentunya ada something wrong di balik itu. Apakah ia harus pensiun sebagai penyanyi?? Oh tidak, tentunya kesimpulan itu terlalu dini. Setidaknya ia harus berusaha terlebih dahulu untuk memperbaiki kemampuan vokalnya melalui latihan intensif. Setahap demi setahap ia akan memiliki kepekaan terhadap nada, sehingga ia mampu untuk mengontrol nadanya dengan baik.
Di dalam term akademis dikenal teknik latihan solfegio (baca:solfej). Bentuk latihan solfegio bervariasi, mulai dari yang termudah sampai ke tingkat yang relatif sulit. Gunanya adalah untuk melatih ketajaman dan ketepatan nada si penyanyi. Salah satu bentuk latihan solfegio yang cukup praktis dan mudah digunakan adalah teknik latihan yang dikenal dengan nama ’moami amo’.
Sesuai dengan tujuannya, yakni untuk melatih kepekaan nada, latihan ini bertumpu kepada penguasaan tangga nada melalui naik turunnya nada. Selain untuk melatih kepekaan nada, ’moami amo’ juga sangat bermanfaat untuk lebih melenturkan vokal. Tak sedikit penyanyi pemula masih memiliki vokal yang cenderung ’kaku’. Maksudnya, ketika menemukan perpindahan nada tertentu (misal cengkok dangdut, legato, dll) sangat sulit ia raih. Nah melalui ’moami amo’ ini kendala itu bisa diatasi.
Oke, sekarang kita coba praktekkan. Ikuti nada-nada di bawah ini :
| 1 3 | 2 4 | 3 5 | 4 2 | 1 . | . . | . . |
mo o a a mi i a a mo
atau: (klik image di bawah ini)






Persiapan Vokalis sebelum rekaman
________________________________________
Apa saja kira2 persiapan yg harus dilakukan vokalis?.
Selain hafal lirik lagu, juga mengerti penghayatan lirik. Nah yg ingin saya tanyakan adalah persiapan fisiknya bagaimana?.
Dari cerita yg saya dengar, banyak penyanyi yg melakukan persiapan fisik jauh sebelum hari rekaman. Misalnya jogging setiap hari. Dengar2 juga harus menghindari sex di malam sebelum rekaman.
Tolong dijelaskan ya.
Maaf kalo topik ini udh pernah dibahas. maklum jarang ke forum vokalis. tengkyu!
________________________________________
pas rekaman.. Rekaman sendiri seh jadinya no pressure.. hehehe.. Yang penting tuh minum air putih.. jangan yang dingin.. Yang biasa aja.. Setiap selesai take.. hehehe.. Kudu itu air putih.. Tidur juga penting.. Kalo tidur kurang, suara nggak maksimal.. Trus apa lagi yach.. Sebelum nyanyi.. pemanasan dulu donk.. Biar siap tempur pita suaranya..
________________________________________
dan yg pasti perut dah diisi.. kalo belom.. ntar ngaruh kesuara..
________________________________________
kalo persiapan vokal sih, biar maksimal kayaknya hindari makan makanan berminyak atau goreng2an gitu.....

temen gw kalo besoknya mau manggung dia berhenti ngerokok dan makan gorengan...
abis manggung baru mulai rokok lagi
________________________________________
kalo persiapan vokal sih, biar maksimal kayaknya hindari makan makanan berminyak atau goreng2an gitu.....

temen gw kalo besoknya mau manggung dia berhenti ngerokok dan makan gorengan...
abis manggung baru mulai rokok lagi

masa bang?
bang kapan nikita maen radja bareng? aku yg nyanyi !
________________________________________
persiapan voc sblm rekaman yg selama ini aq rasain standart aja sprti ky kl qta mau manggung:
1.jangan terlalu cape
2,cukup makan n istirahat
3.sbaiknya pemanasan dan mempelajari lagunya dg bener
....tp ada 1hal penting yg harus ada saat rekaman,jika hal ini ga ada lbh baik recording dtunda aja krn hasilnya ga akan maximal,yg ada malah qta dcomplain ma temen2 qta... yaitu:MOOD

karena dari situ lagu qta bener2 bisa idup,mengingat vocalis adalah bagian utama daRI SEBUAH LAGU..karena banyak org stress pd saat take vocal,krn ga bisa dpt soul krn dia lg ga mood.. kalo saat live mood qta bisa naik cepet saat qta liat audience.. kl pas rec qta cm bhdpan dg monitor dan sang operator,hehehe
________________________________________
Persiapan sebelum take:

Teknis
* Hafal lagu, tapi tetap Siapin kertas contekan di depanmu
* buat grafik dinamika secukupnya di contekan
* Pastiin mic yg kamu pake bener2 oke settingannya. Ngaruh banget.
* Pastiin earphone buat guide music gak bocor. cari earphone yang
close shield.
* etc..

Non Teknis
* Minum air (jangan es) 20 menit sebelum take.
* Pastikan fisik oke.
* Kalau lagu-nya Sedih, sebelum take bayangin cerita2 sedih.
Begitu sebaliknya. banyak-banya becanda kalo lagunya riang.

Masalah breathing,dll.. itu harus udah terbiasa jauh2 hari sebelum take. Jangan sistem SKS buat pernafasan. gak ngaruh. :)

Hindari Makan minyak, karbohidrat dan lemak berlebih, juga rokok. Ini tergantung orangnya. Aku punya temen rokoknya hebat, sampe mau tampil pun ngerokok, oke-oke aja kok. karena tiap hari dia latihan rutin.

Sex? no comment... asalkan jangan 30 menit sebelum take aja. bisa ngos-ngosan waktu take. lemes. hahaha..
________________________________________
klo mo rekaman yg penting jgn strezzzz....tdur dulu ampe puas,peregangan otot dulu,,,trus nyanyi2 aja dulu pake gitar.....minum air putih angat,biar kluar dulu tuh dahak2 yg bikin suara gak bisa dapetin nada tinggi (buat yg sinus en ngerokok)...nah abis itu minta dipijitin terutama bagian tengkuk en punggung...biar rileeeeeeeeeexxxxxxxxx

klo gw bilang mending lu ga usah makan aja dulu,,,coz itu bikin tekanan perut en diafragma jadi kurang maksimal apa lg klo lu kekenyangan.

oia,hati2 dengan ruangan studio yg dingin..terserah cara lu ngakalinnya...
mo ac'nya dikecilin kek..ato mau pake balseeem dari leher,dada,ampe punggung jg ga papa..walopun baunya ga enak,,tp kan cuma sementara,,,yg penting hasilnya bo...lagian klo dah jadi tuh lagu..orang2 jg ga bakal tahu klo pas nge'take lu pake balsem..
klo bisa pake obat tetes idung dari 2 hari sebelum nge'take,cari aja di apotik,pilih yg dosis rendah..prinsipnya sama kaya gurah..tapi ga sakit koq.
namanya "illiadin"... mungkin advise gw rada2 kampungan..tapi percaya aja deh ma gw..

________________________________________jadi sebenarnya..tuh balsem ato sejenisnya cocok2kan jg ama orangnya.klo seandainya lu punya KULIT yg rada SENSITIF mending JANGAN!!!:mad:
tapi klo seandainya lu oke2 aja sih,ya udah coba aja..
masalah lu mo make "inhaler" ato bukan,,ya terserah aja bro..;)

tujuannya sebenarnya UNTUK RILEKSASI OTOT n MEMPERLANCAR PEREDARAN DARAH tanpa lu harus KERINGATAN n NGoZ-NGoz'an gara2 sok2an olah raga lari naik turun tangga sebelum nge'take:eek: .itu salah bgt men..coz ntar yg kebuka BUKAN DIAFRAGMA lu...tapi paru2 bagian atas lu...

dan itu BAHAYA BGT buat VOCALIST,coz NAFAS jd PENDEK,GAK POWER,dan biasanya setelah lu rekaman n dah lu dengar hasilnya lu baru menyadari WAKTU LU LG AMBIL NAFAS DI SELAH-SELAH LAGU ADA SUARA NAFAS LU KAYAK ORANG SAKIT ASMA!!!
TERUTAMA UNTUK LAGU2 TEMPO CEPAT,,KASIHAN SOUND ENG.'nya SULIT NGEDITNYA MEN!!!:D

Memang kebanyakan vocalist terutama anak band di indonesia klo mo nyanyi ato rekaman jarang pake pemanasan.ga tau karena malas ato emang ga tau caranya...

klo emang lu gak tau caranya..gw ada TRIK yg SIMPLE buat kalian vocalist baru...sebelum kalian nge'take...lu mending KETAWA TERKEKEH2 sama teman2 lu..
itu salah satu cara NGELATIH DIAFRAGMA...
gimana cara tau klo tau itu diafragma yg lagi kelatih???
biasanya abis ketawa BAGIAN ANTARA PERUT N DADA BAGIAN BAWAH (DEKAT ULU HATI) RADA2 PEGEL...

http://gitaris.com/archive/index.php/f-116.html

Tidak ada komentar: