04/11/10

Melacak Insiden Roswell 60 Tahun Lalu. bag.2

.Satu hal yang kini disepakati hingga kini: puing- puing tersebut bukan dari sebuah balon cuaca.

Tahun 1995, setelah bertahun-tahun insiden itu, Angkatan Udara Amerika Serikat menyatakan bahwa kisah balon cuaca itu dibuat untuk menutupi sebuah proyek sangat rahasia yang disebut Project Mogul yang dirancang untuk mendeteksi aktivitas bom atom dari langit Uni Soviet dengan balon yang mampu terbang tinggi. Sejumlah peluncuran Dalam proyek itu terdiri dari lebih dari 24 balon neoprene (bahan karet sintetik, penterjemah) yang terbang lebih dari 600 kaki.

Chales Moore, salah satu ilmuwan Project Mogul yang disebut dalam laporan Angkata Udara, telah berbicara pada publik tentang proyek itu dan menjelaskan ada kesamaan antara apa yang ditemukan di lahan peternakan di Roswell dan material yang digunakan untuk Project Mogul, dimana menggunakan alat kemudi, kertas metalik dan pita penanda yang aneh.

Penanda aneh tersebut mirip dengan hiroglif kosmik dan mungkin ada begitu banyak penjelasan yang biasa saja: Moore menyatakan proyek tersebut menggunakan pita yang dibuat di sebuah pabrik mainan.

Balon-balon itu diluncurkan pada Juni dan Juli 1947 dari Pangkalan Udara Angkatan Darat Alamogordo di New Mexico. Satu peluncuran dilakukan pada 4 Juni dan mencapai Arabela, New Mexico, sekira 17 mil dari lahan peternakan milik Foster, sebelum baterainya habis yang pada akhirnya hubungan terputus.

Pertanyaan lebih jauh. Namun jika puing-puing itu berasal dari perangkat Project Mogul, bagaimana sebuah balon bisa membuat cungkilan-cungkilan di tanah sebagaimana yang dilaporkan para saksi? Mungkin tidak terdapat
cungkilan-cungkilan di tanah, orang yang skeptis dengan teori UFO mencatat bahwa para saksi mengubah laporan mereka tentang apa yang mereka lihat di lokasi itu.

Penjelasan Project Mogul juga tidak menjelaskan bagaimana bisa sejumlah orang melaporkan mereka melihat tubuh makhluk ET di lokasi itu. Apa yang dijelaskan dalam laporan tahun 1997 menyebutkan bahwa sebenarnya itu adalah boneka-boneka anthropomorphis (tiruan manusia) yang digunakan untuk menguji parasut dari ketinggian.

Mereka yang percaya UFO menemukan bahwa penjelasan tersebut agak
mengganggu. Ada masalah waktu, sebagaimana yang dikatakan bahwa uji
parasut tidak dilakukan hingga tahun 1950. Ketidakcocokan waktu
disebabkan selama bertahun-tahun orang dibingungkan dengan adanya insiden dan mengumpulkan ingatan atas dua insiden itu dalam satu kejadian.

Sprouse, bagaimanapun menyatakan ia ingat ada orang yang mengatakan "tubuh makhluk ET" setelah penemuan puing-puing.

"Mereka membawa tubuh-tubuh itu ke sebuah hanggar dan ada dua penjaga di tiap pintu dengan senapan mesin," katanya.

Sprouse mengatakan bahwa satu orang saksi, seorang rekan di barak, ialah seorang dokter di ruang gawat darurat yang melaporkan bahwa ia
melihat tubuh "humanoid" (tubuh yang mirip manusia) di rumah sakit.

"Mereka pergi ke ruang gawat darurat dimana dua dokter dan dua perawat diminta kesana, dan mereka membedah dua tubuh humanoid tersebut," katanya. Lalu para dokter dan perawat dipindahkan.

"Rekan saya mengatakan ia melihat tubuh-tubuh itu, dan saya percaya padanya," kata Sprouse.

Katanya, kami kira humanoid itu tidak makan makanan. "Saya tidak
tahu mengapa ia berkata demikian. Sistem pencernaan mereka tidak
dirancang untuk mencerna makanan."

Seperti dokter dan perawat lainnya, Sprouse mengatakan bahwa
rekannya tiba-tiba dipindahkan, dan ia tidak pernah mengetahuinya lagi. Orang lainnya yang masih ada di pangkalan, tetap bungkam.

"Saya mendengarnya berulang kali, itu memang benar," katanya.

Sprouse mengenal Marcel, namun ia tidak pernah bicara dengannya lagi setelah insiden.

"Sejak hari itu, saya tidak pernah bertemu dengannya," katanya.

Berita terus bergulir.. Setelah kisah mengenai tabrakan UFO surut, seluruh dunia melupakan Roswell dan menerima bahwa apa yang ditemukan di sana ialah balon cuaca yang tidak teridentifikasi.

Bagaimanapun, Orang-orang yang berada di pangkalan, bagaimanapun tidak mudah lupa.

"Mereka masih membicarakannya ketika saya keluar dari sana pada saat usia saya 56," kata Sprouse.

Tahun 1978, Marcel diwawancarai oleh seorang penyelidik dan muncul
dalam sebuah film dokumenter, "UFOs are Real" (UFO adalah nyata), pada tahun berikutnya. Koran "National Enquirer" mewawancarai Marcel pada tahun 1980 dalam sebuah artikel dimana ia mengatakan bahwa puing yang mirip kayu tidak dapat terbakar dan benda metal tipis tidak dapat menekuk. "The Roswell Incident" dirilis tahun 1980 sebagai buku pertama yang mengulas peristiwa itu.

Seiring dengan makin meningkatnya minat terhadap insiden UFO di Roswell, meningkat pula jumlah para pencela. Beberapa dari mereka menanyakan kredibilitas Marcel, yang menyatakan bahwa ia menderita histeria UFO dan terlalu melebih-lebihkan masa lalunya di militer.

Jesse Marcel, Jr. menerbitkan bukunya tahun ini "The Roswell Legacy", untuk mendukung ayahnya yang meninggal tahun 1986.

Sprouse tidak menyimpan seluruh buku dan film dokumenter tentang
Roswell dan tidak pergi ke Roswell pada bulan Juli untuk memperingati 60 tahun peristiwa itu. Ia malah menghadiri reuni dengan para kru 509th yang dihadiri oleh 25 hingga 30 orang veteran.

"Insiden Roswell selalu diperingati tiap tahun, tapi tidak ada yang baru," katanya.

Sprouse juga berbicara tentang pengalamannya di Tinian di ...
.lima SMU pada suatu tahun, dan ia sering diundang untuk bicara di kelompok lainnya. Ia selalu mengakiri pembicaraan dengan kenangannya tentang Roswell, untuk mengejutkan para audiensnya.

Pada suatu kesempatan berbicara di Tuczon, Arizona awal tahun 2007 ini. Sprouse mengatakan ada seorang pria yang mendekatinya seraya mengatakan, "Saya tidak percaya semua yang Anda katakan."

Saya bilang padanya," Anda dapat mempercayai apa yang ingin Anda percayai, tapi saya tahu hal itu sungguh terjadi," kata Sprouse. 

Tidak ada komentar: